Cara Mudah Membersihkan Busi Motor Anda

Selamat datang di blog kami. Pecinta otomotif tentu tahu dengan perangkat pengapian yang satu ini. Busi salah satu bagian terpenting dalam sistem pembakaran mesin kendaraan Anda. Dari pembakaran busi inilah kendaraan anda mampu beroperasi, jika busi motor Anda eror atau mati, yang pasti motor anda tidak bisa anda gunakan. Oleh sebab itu busi membutuhkan perawatan busi secara berkala dan penggantian jika umur pemakaian sudah habis.

Cara membersihkan busi motor dengan mudah


Hasil produksi dari pabriknya langsung sebenarnya sudah memiliki ketentuan, bahwa apabila jarak tempuh motor telah mencapai 7.500 km, busi haruslah diganti baru. Sebab, fungsi kerja dari busi tersebut sudah tidak maksimal lagi. Mungkin bagi beberapa pemakai motor, hal ini merupakan sesuatu pekerjaan yang tidak terlalu penting. Tetapi bagi para pecinta otomotif tentu tidak asing dengan perangkat yang satu ini.

Jadi pengecekan secara berkala itu penting. Agar operasi kendaraan anda kembali optimal. Umur dari busi motor juga ditentukan oleh sistem pembakaran pada motor anda masing-masing. Hal ini dapat anda lihat apabila ujung kepala busi berwarna hitam atau gosong, mengindikasikan bahwa lebih banyak bahan bakar yang masuk ketimbang udara.

Begitupun jika kepala busi berwarna keputihan, mengindikasikan bahwa bahan bakar yang masuk lebih sedikit ketimbang udara, efek atau tanda motor terlalu irit BBM. Idealnya, kepala busi berwarna merah bata. Pertanda bahan bakar yang masuk seimbang dengan udara di ruang pembakaran.

Dalam pengecekan dan membersihkan busi ini relatif mudah, anda dapat menggunakan sikat kawat untuk membersihkan bagian kepala busi. Setelah itu perhatikan dan bersihkan juga gap atau kerenggangan antara ground electrode dengan bagian tengah busi atau centre electrode.Bisa juga pakai ampelas, tetapi jangan gosok terlalu lama untuk menghidari menipisnya elektroda. Silahkan buktikan perbedaan performa motor Anda setelah mengecek dan membersihkan busi motor Anda. 

Demikian sekilas mengenai Cara Mudah Membersihkan Busi, semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih sudah berkkunjung di blog kami.